Senin, Juni 13, 2011

Akhirnya selesai juga Statistiknya :)

Setelah 4 Kali pertemuan menjadi asistensi dalam praktikum statistik 1, akhirnya hari ini (6/07/2011) selesai sudah dengan ditutup oleh UAS yang berjumlahkan 2 soal. Soal pertama tentang frequencies dimana yang ditanyakan rata – rata, nilai tengah, range, nilai maksimum and minimum truz nilai tertinggi dari nilai terendah dan sebaliknya nilai terendah dari nilai tertinggi. Buat soal kedua itu agak campuran dimana ada pertanyaan yang menggunakan frequencies, ada yang menggunakan korelasi dan menggunakan regresi. Sebenernya, aku nggak tau yang buat soal sapa, apakah koordinatornya ataukah soal yang digunakan tahun kemarin :-?
                Saat soal pertama sich anak – anak masih pada diem and tenang saat ngerjain, paling hanya bertanya, “di save dengan nama apa kak?”. Nah, saat soal kedua neh wuihhh kudu sabar bgt dah. Satu nannya, “mbak ini maksudnya apa ngk ngerti neh”. Belum selesai jelasin, eh sudah ada yang nannya lagi. Ribet, agak pusing, jadi bigung, ahh pokoknya bercampur aduk dah. Tapi di sini lah aku jadi belajar untuk sabar, dalam hati selalu ngomong “sabar day, sabar pasti bisa”. Alhasil, anak – anak lumayan banyak yang bisa jawab pertanyannya. Hhheee… Setelah mereka selesai ngerjain dan sebelum mereka pada bubar, aku ngasih selembar kertas kecil buat nulis kritik dan saran tentang aku baik dari segi pembelajaran atau apapun. Hasilnya lucu – lucu and geli – geli gitu saat aku baca, hheee. Kebanyakan pada bilang klo aku sabar truz perhatian klo ada yang nggak donk, truz klo ada yang bertanya dijawab dengan sabar and dijelasin pelan – pelan sampai ngerti, ada yang bilang baik, tapi ada juga yang bilang suara mbaknya kurang keras truz suka mengecil sendiri (hheee emang ada tombol volumenya J), ada juga yang Cuma ngomong lanjutkan doank..hhee
                Aku senang bisa ngajarin mereka walaupun sebenarnya masih banyak kekurangan aku, baik dalam hal pengusaan materi maupun cara penyampaian dengan bahasa yang mudah dimengerti, heee. Ini bakalan jadi pengalaman penting bagi aku sendiri baik dari segi menambah keberanian, melatih kesabaran maupun mendalamin kembali program SPSS. Semoga semester depan, aku bisa ikutan jadi asistensi lagi J (v)