Senin, Juni 20, 2011

CARA MENGATASI KONFLIK

Konflik??? Semua pasti pernah mengalami konflik, baik orang dewasa maupun remaja. Pada usia remaja konflik sering terjadi karena secara emosi bisa dibilang belum stabil oleh sebab itu, konflik lebih banyak dialami oleh remaja apalagi didalam pertemanan. Pengalaman aja neh, menurut gue semakin akrab kita berteman sama orang, itu malah semakin banyak konfliknya. Contohnya salah paham karena kurangnya komunikasi antar teman ataupun karena pikiran negatif sehingga satu sama lain bisa berubah jadi orang lain yang pura – pura tidak kenal atau acuh. Tapi setelah dilihat lagi dari sisi positif, menurut gue dengan terjadinya konflik dan konflik tersebut dapat diselesaikan dengan baik akan membuat semakin akrab pertemanan itu. Truz bisa buat refleksi juga dengan cara memberikan masukan sehingga tidak terulang lagi.
Setelah nyari – nyari akhirnya gue ada beberapa kiat untuk mengatasi konflik yang sering dialami individu, yaitu :

1.Tetap percaya
Tetap percaya pada seseorang yang mempunyai masalah dengan kita. Dalam suatu hubungan tidak selalu berjalan mulus, untuk itu kita tetap percaya bahwa masing-masing bisa menjaga hubungan agar harmonis.
2.Bicara dari hati kehati
Ketika sedang menghadapi konflik dengan seseorang usahakan agar kamu bisa membicarakannya dengan baik yaitu dari hati ke hati, dengan demikian anda akan mengerti apa yang sebenarnya teman anda inginkan.
3.Curhat yang benar
Curhat memang perlu tapi hati-hati jika curhat dilakukan dalam suasana yang tidak tepat maka itu malah akan menjadi boomerang bagi kalian.
4.Cari tempat yang enak
Untuk menyelesaikan pertentangan yang sedang kamu hadapi dalam membicarakan perlu melihat lingkungan apakah mendukung untuk kamu dapat membicarakannya.
5.Kenang hal-hal yang lucu yang pernah kamu alami dengan temanmu tersebut
6.Beri maaf
Hal-hal yang paling penting adalah memberi maaf pada teman kamu yang sedang bermasalah dengan kamu, sehingga ketika kamu saling memaafkan maka konflik yang sedang terjadi bisa diatasi.
7.Introspeksi diri
Jangan langsung menyalahkan teman kamu yang menyebabkan konflik terjadi tersebut tetapi usahakan bahwa kamu juga bisa mengoreksi diri siapa tahu kamu yang salah.
8.Jalin komunikasi
Komunikasi sangat diperlukan sehingga kamu akan saling mengerti keinginan masing-masing.
Bertengkar dengan teman adalah hal yang wajar tetapi yang penting adalah bagaimana kamu dapat menyelesaikannya dengan baik.
Artikel ini tak persembahkan buat sahabatku Crecentia DhitaVony Permatasaripatricia yhutikaAgatha Irine Kartika SariBernadetha Dian ... hheee,, sekalian mau ngenalin temen2ku :-)
-----for you-----