Minggu, November 06, 2011

Si manis yang menyehatkan

Makan Cokelat? takut gemuk? takut berjerawat? Jangan takut lagi…. Selama kamu mengkonsumsinya tidak berlebihan, cokelat akan tetap aman buat dikonsumsi. Cokelat memiliki banyak khasiat yang mungkin tidak pernah kamu duga.

Ternyata beratus-ratus tahun yang lalu cokelat sudah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti encok, kelelahan, diare, sembelit dan sesak napas. Penelitian di bidang nutrisi menemukan banyak khasiat yang ditemukan dalam cokelat. Berikut ini adalah sedikit manfaat cokelat.
  1. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi. Flovanoids dalam cokelat (procyanids) bisa menyeimbangkan tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah. 
  2. Meningkatkan Aliran Darah Ke Otak. Minuman cokelat kaya akan flavanol yang bisa meningkatkan aliran darah ke otak selama 2 atau 3 jam. Flavanol juga bisa meningkatkan fungsi otak untuk membantu gangguan tidur dan kelelahan. Penelitain ini pernah dilakukan oleh Profesor dari University of Nottongham
  3. Memperbaiki Mood. Kafein dan bahan kimia yang terkandung dalam cokelat bisa memperbaiki mood kamu. Kamu akan lebih bergairah. 
  4. Mengurangi Resiko Serangan Jantung. Makanlah beberapa potong cokelat setiap hari, maka bisa mengurangi resiko penyakit serangan jantung. Hal ini pernah diteliti oleh seorang bernama John Hopkins dari University School Of Medicine. 
  5. Meredakan Batuk. Manisnya cokelat konon katanya bisa memperparah batuk. Tapi sebuah studi di Inggris menemukan bahwa theobromine, komponen dari cokelat bisa jadi lebih efektif meredakan batuk ketimbang obat standar.
  6. Cokelat bisa meningkatkan level gula darah.
  7. Cokelat bisa membantu mengatasi chronic fatigue syndrome. 
  8. Cokelat bisa meningkatkan HDL cholesterol dan merendahkan LDL (bad cholesterol). 
  9. Cokelat bisa memperbaiki proses gula darah dan mengurangi resiko diabates.